oleh

Dukung Program Kota Wisata Tambang dan Pelestarian Nilai Budaya, Pemkab Muara Enim Pugar Makam Puyang Lawang Kidul

Muara Enim (muaraenimonline.com) – Sebagai bentuk penghargaan dan pelestarian nilai-nilai budaya serta sejarah masa lalu, Pemkab Muara Enim melakukan pemugaran makam Puyang Lawang Kidul. Pemugaran tersebut ditandai dengan dilakukan peletakan batu pertama oleh Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH beserta tokoh adat Kecamatan Lawang Kidul, Minggu (28/6/2020) di tepi Sungai Enim tepatnya di kawasan Bedeng Obak, Dusun VI, Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul.

Berdasarkan keterangan Kepala Sumbai Marga Lawang Kidul, yaitu Temenggung Aryaguna Dedi Sigarmanudin, konon puyang yang bernama Syekh Muhammad Ilyas Bin Abdullah Suryadiningrat ini berasal dari Pulau Pari, Jawa. Beliau kemudian datang ke Lawang Kidul sekitar abad ke-13 untuk syiar dan menyebarkan agama Islam.

“Pemugaran ini diharapkan dapat memperkenalkan sejarah Marga Lawang Kidul kepada generasi penerus dan menjadikan salah satu obyek wisata sejarah religi khususnya di Tanjung Enim,” ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH mendukung dan mengapresiasi inisiatif masyarakat Tanjung Enim dalam berswadaya memperelok makam yang memiliki nilai sejarah ini.

“Kita berharap dengan keberadaan makam Puyang Lawang Kidul ini, maka kedepannya dapat menjadi salah satu tujuan wisata, khususnya wisata sejarah dan religi dalam mendukung program Tanjung Enim sebagai Kota Wisata Tambang yang juga sejalan dengan visi Kabupaten Muara Enim #Merakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera,”urainya.

Dalam kesempatan ini, H. Juarsah juga menyerahkan bantuan 50 sak semen dari Baznas Kabupaten Muara Enim dan juga menghimbau BUMN/BUMS/BUMD di Kabupaten Muara Enim, khususnya yang berada di Kecamatan Lawang Kidul untuk selalu berperan aktif membangun mewujudkan Tanjung Enim sebagai Kota Wisata Tambang yang Merakyat.

“Mari kita bersama-sama wujudkan Tanjung Enim sebagai kota wisata. Dan kami menghimbau pada semua stek holder yang ada baik BUMN, BUMD, BUMS, maupun pihak lainnya untuk bersama-sama berperan aktif didalam mewujudkannya,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan ini Plt. Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki, Ketua Baznas Kabupaten Muara Enim Ustad. Syachril, Camat Lawang Kidul, Kapolsek, Koramil, Kabag Kesra, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab. Muara Enim.

@Ndank

Facebook Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed