oleh

Gempa Dahsyat Guncang Jepang Selatan

TOKYO – Gempa bumi besar dan kuat melanda Jepang selatan, Selasa (9/5/2017), akan tetapi tidak ada peringatan tsunami dan laporan kerusakan atau korban jiwa.

Berdasarkan info dari lembaga survei geologi Amerika Serikat (USGS), gempa berkekuatan 6,0 skala Richter berpusat di kedalaman 10 km di lepas pantai Pulau Miyako, kepulauan selatan Okinawa.

Namun Badan Meteorologi Jepang, seperti dilaporkan AFP, memperingatkan adanya perubahan pada tinggi muka laut akibat gempa, tapi tidak mengeluarkan peringatan tsunami.

Miyako berpenduduk sekitar 55.000 orang dan terletak sekitar 1.840 km di barat daya Tokyo dan sekitar 380 km timur Taipei.

BACA:  Tampikan ISIS Terkait Dugaan Jadi Korban Bom Raksasa AS

Jepang berada di persimpangan empat lempeng tektonik. Negeri Sakura ini sering mengalami gempa yang relatif kuat meski kerusakan jarang terjadi.

Negara ini selalu siap dalam menghadapi bencana gempat, antara lain dengan membuat ketentuan bangunan yang ketat dan kesadaran akan gempa yang telah meluas.

Gempa bawah laut besar pada 11 Maret 2011 sempat menyebabkan tsunami di pantai utara Jepang.

Selain itu, lebih dari 18.500 orang tewas atau hilang dan tiga reaktor di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima hancur.

BACA:  DPD PKS PALI SAMBUT HANGAT KEMENANGAN ANIES SANDI PADA PILKADA DKI

Bencana itu merupakan yang terburuk di Jepang setelah Perang Dunia II.

Facebook Comments
























Banner Catering





Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed