oleh

Ketika Ramadan, 10 Kata Ini Sering Kita Ucapkan

Muaraenimonline.com – Bulan Ramadan merupakan sebuah bulan penuh kemuliaan untuk melaksanakan ibadah sebanyak-banyaknya.

Lebih lagi, Ramadan sebagai media melatih kesantunan dalam berinteraksi sehari-hari, khususnya bertutur kata.

Berikut sepuluh kata dalam bahasa Arab yang kerap digunakan selama bulan Ramadan, seperti dikutip situs Gulf News, Selasa, 30 Mei 2017

Ramadan Kareem

Ramadan Kareem dan Ramadan Mubarak adalah ungkapan umum yang pasti digunakan ketika bulan puasa tiba. Keduanya memiliki arti ‘Ramadan yang diberkati atau murah hati’.

Assalamualaikum

Ini adalah sapaan yang banyak digunakan yang berarti ‘damai sejahtera bagi Anda’. Kata ini sangat umum di Timur Tengah untuk memperluas keramahan dan persahabatan, baik saat memasuki rumah, kantor atau pusat perbelanjaan.

Ungkapan ini tidak spesifik untuk agama mana pun. Ucapan ini dipakai oleh pria dan wanita, disertai dengan pelukan, jabat tangan, atau kecupan.

Insya Allah

Memiliki arti ‘jika Allah menghendaki’. Ungkapan ini dipakai saat Anda merencanakan sesuatu dan menginginkannya berhasil. Tapi ketahuilah bahwa itu hanya akan terjadi jika Tuhan menghendakinya.

Contoh, “Maukah kamu datang ke iftar besok malam?” “Ya, Insya Allah”!

Masya Allah

Artinya ‘apa yang Allah inginkan, Dia pasti berikan’ atau ‘atas kehendak Allah’. Ungkapan ini sering digunakan saat mendengar kabar baik.

Umat Muslim, bahkan orang non-Arab, menggunakan ungkapan ini untuk menyambut teman atau keluarga saat mereka diberkati dengan sesuatu dan terkadang terlalu sering digunakan.

Contoh, “Wajahmu begitu cantik, masya Allah”!

Emta El Maghreb

Ungkapan yang kemungkinan besar akan Anda dengar sepanjang hari saat orang berpuasa, yang berarti “Jam berapa mulai salat maghrib? Maghrib menandai berakhirnya puasa hari itu.

Suhour

Dilakukan pada dini hari sebelum Subuh tiba. Suhour atau sahur dilaksanakan bagi yang akan menjalankan ibadah puasa selama Ramadan.

Sahur sebagai makan pagi cocok dengan iftar sebagai makan malam, selama Ramadan, menggantikan makan tiga kali sehari.

Sayem

Ungkapan ini untuk menanyakan apakah seseorang berpuasa atau tidak.

Tarawih

Ini adalah salat sunnah yang dilaksanakan setelah salat Isya. Tarawih dilakukan hanya pada Ramadan.

Eid Mubarak

Hari Raya Idul Fitri memiliki arti diberkati dan kembali ke fitrah. Ungkapan ini tanda dari berakhirnya bulan Ramadan.

Allahu Akbar

Allah Maha Besar! Ungkapan pertama yang diucapkan dalam seruan ketika salat, melihat sesuatu yang indah, serta menyatakan sikap setuju dalam sebuah pertemuan.

Facebook Comments
Banner Catering

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed