oleh

KKL di Polres Tasikmalaya Kota, Serdik Pokjar 2 Sespimma Angkatan 64 T.A 2020 Bahas Konflik Sosial Dalam Rangka Pilkada Yang Kondusif

TASIKMALAYA, MUARAENIMONLINE.COM – Pembukaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) peserta didik Sekolah Pimpinan Pertama (Sepimma) Angkatan 64 tahun 2020 di wilayah Polres Tasikmalaya Kota, digelar sejak Kamis (12/11/2020). Pembukaan KKL tersebut dilakukan di Aula Endra Dharmalaksana Mapolres Tasikmalaya Kota, Jalan Letnan harun Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya.

Adapun yg menghadiri kegiatan tersebut dari pihak lemdik sespimma adalah Kombes Pol. Drs. Dadan Wisnu wardana, Kombes Pol. Jhoni Iskandar, Sik dan didampingi oleh para patun Pokjar 2 serta beberapa personil dari lembaga.

Kegiatan yang bertemakan Optimalisasi Sat Binmas di Polres Tasikmalaya Kota guna mencegah Konflik sosial dalam rangka Pilkada yang kondusif ini, dilakukan secara virtual dan tatap muka. Meski demikian, tamu undangan yang hadir tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Dalam sambutan Kasespimma Polri Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto, yang dibacakan oleh Perwira pengawas (Pawas) Sespimma Polri, Kombes Pol Jhony Iskandar, S.IK mengatakan, dengan dilakukannya Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini, diharapkan para peserta didik mampu menjadi manajer tingkat pertama dan pimpinan tingkat pertama serta staff yang profesional bermoral dan modern dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membangun tim atau kerjasama kelompok serta mampu memecahkan perpecahan kepolisian yang terjadi di lapangan khususnya di tingkat Polres.

“Sebagai manajer dan pimpinan tingkat pertama, para serdik diharapkan memiliki profesional yang baik dalam melaksanakan tugas dan memiliki kemampuan berfikir secara masif, serta mampu menjadi konsultan yang dapat memberikan solusi yang ada di lapangan salah satunya melalui kuliah kerja lapangan ini,” kata Pawas Sespimma Polri, Kombes Pol Jhony Iskandar, S.IK.

Jhony menambahkan, dengan adanya pandemi covid-19 saat ini, maka berpengaruh terhadap semua aspek termasuk pembelajaran di Sespimma Polri yang dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh sehingga kegiatan KKL saat ini pun tidak sepenuhnya dihadiri serdik dan sebagian mengikuti melalui daring.

“KKL ini akan dilaksanakan selama 5 hari. Di tengah pandemi saat ini, tentu berpengaruh terhadap proses pembelajaran di Sespimma. Pembelajaran jarak jauh pun dilakukan sehingga kegiatan KKL ini tidak sepenuhnya dihadiri serdik dan sebagian mengikuti melalui daring. Maka dari itu, para pejabat utama terutama Kapolres dapat membantu peserta didik selama kegiatan KKL di wilayah hukum Polres Tasik Kota,” kata Jhony.

Sementara itu, Wakapolres Tasikmalaya Kota, Kompol H Hidayatullah yang mewakili Kapolres Tasikmalaya Kota mengatakan, pihaknya merasa bangga dengan dipilihnya wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota sebagai salah satu tempat KKL Sespimma Polri. Pasalnya, di wilayahnya saat ini sedang ada kegiatan pilkada, tepatnya di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, yang sebagian wilayah administratifnya masuk ke Polres Tasikmalaya Kota.

“kami merasa bangga dengan dipilihnya wilayah Polres Tasikmalaya Kota sebagai satu tempat Kuliah kerja lapangan Sespimma Polri. Kami akan siap membantu mensukseskan KKL Sespimma Polri disini,” kata Wakapolres Tasikmalaya Kota, Kompol H Hidayatullah.

Usai pembukaan KKL, kegiatan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) yang bertema “Optimalisasi Sat Binmas di Polres Tasikmalaya Kota guna mencegah Konflik sosial dalam rangka Pilkada yang kondusif” dengan pemateri Kapolsek Indihiang Kompol Didik Rohim Hadi mewakili Kabag Ops, Kasat Intelkam AKP Rachamat Hamdan, Perwakilan KPU Kabupaten Tasikmalaya, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya.

Sementara itu Siswa Sespimma Angkatan 64 AKP. AKP.Feryanto berharap dalam KKL ini mereka akan mampu mendapatkan pengalaman serta pembelajaran terkait penanganan konflik sosial yang ada.

“Harapan kami agar nantinya apa yang kami dapat menambah wawasan kami tentang permasalahan yang ada di wilayah Tasikmalaya terutama dalam menangani konflik sosial hingga nantinya dapat berguna bagi para serdik setelah berada di kewilyahan dalam pelaksanaan tugas masing-masing,”pungkasnya.

Laporan : Endang

Facebook Comments




Banner Catering



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed