oleh

Kopi Semende Asal Sumsel Miliki Keunikan Rasa Bagi Pecinta Kopi

Semende, Kopi Nusantara Asal Sumsel Miliki Paduan Rasa Rempah Yang Khas

aldjamaznews.com – Kopi nusantara pasti pernah mendengar ‘Kopi Semende’ asal Sumatera Selatan. Dengan paduan rasa rempah yang khas menjadikan ‘Kopi Semende’ memiliki keunikan tersendiri dikalangan pecinta Kopi.

“Selain itu, dalam hal pengolahannya juga sedikit berbeda dengan kopi biasanya,” Ucap Teguh, Salah satu Owner Kopi Nusantara @warkopnusantara.id, di Ciputat, Selasa (18/2/20).

Teguh menceritakan, jika kita melintasi jalan di daerah semende, kabupaten muara enim, sumatera selatan, pasti terkejut bertemu dengan banyaknya hamparan kopi di tengah jalanan, jangan ragu untuk melewatinya, para pemilik kopi itu justru mengharapkan hamparan kopi tersebut di lindas oleh kendaraan agar kulit biji kopi mudah terkelupas.

Menjemur biji kopi di atas aspal dinilai lebih efektif di banding menjemur di atas tanah.

“Nah.. biji kopi yang sudah kering dan terkelupas dari kulitnya, kemudian di cuci lalu diongseng di atas kuali besi hingga berwarna hitam sebelum di jadikan bubuk,”

Kopi ini, lanjutnya, cukup terkenal di sumatera selatan dan kota-kota yang ada di Indonesia, termasuk Eropa.

Sesuai dengan daerah asalnya, Kopi ini dinamakan ‘Kopi Semende’. Kopi yang memiliki ciri khas dengan aromanya yang kuat, kental, tapi tidak terlalu pahit, dibandingkan kopi robusta lainnya. Kopi semende selalu memberikan kepuasan bagi para penikmat kopi diseluruh Nusantara dan Mancanegara. Serta tingkat keasamannya rendah sehingga tidak membuat para penikmatnya sakit perut walau sering meminumnya.

Di sumatera selatan, Kopi khas semende sudah tersedia di beberapa cafe, akan tetapi belum semua daerah dan negara sudah mengenal kopi semende ini.

“Mengingat bahwa Kopi ini memiliki kualitas yang luar biasa namun sulit didapat, saya dengan kawan – kawan pecinta kopi nusantara menyediakan bubuk kopi asli khas semende yang sudah berbentuk kemasan, agar para penikmat kopi tetap bisa merasakan walau tidak lagi di sumatera selatan.” Pungkasnya.

-TAM-

Facebook Comments
Banner Catering

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed