oleh

Siaga Hadapi Karhutlah Personil Kodim 0404 Muara Enim Adakan Latihan Taklimat Posko 1

Muara Enim (muaraenimonline.com) – Menjelang musim kemarau Kodim 0404 Muara Enim mengadakan kegiatan Taklimat Awal Latihan Posko I Tahun 2020, Rabu (10/5/2020) di Makodim 0404 Muara Enim yang akan berlangsung selama tiga hari ke depan.

Komandan Kodim (Dandim) 0404 Muara Enim Letkol. Inf. Syaffarudin menerangkan tujuan dari kegiatan ini ini adalah pelatihan Tim didalam menangani keadaan darurat bencana sesuai prosedur dan membangun hubungan antara pihak terkait pemangku kepentingan.

“Pada latihan ini posko 1 ini para personil dilatih prosedur hubungan antara komando dan staff serta bagaimana cara membangun hubungan satu sama lain terhadap pemangku kepentingan berkaitan dengan tanggap bencana,” jelas Syaffarudin.

Kemudian Syaffarudin menerangkan dalam kegiatan latihan Posko 1 ini setiap Kodim ataupun satuan berbeda beda tergantung situasi dan kondisi daerah tersebut.

“Di setiap wilayah biasanya berbeda-beda kalau di Kodim 0404 Muara Enim berkaitan dengan Karhutlah karena bencana yang sering terjadi di Muara Enim adalah kebakaran hutan dan laham beda halnya dengan Lahat dan Baturaja mereka menyiapkan diri didalam penanganan bencana banjir dan tanah longsor,” jelasnya.

Terkait persiapan Karhutlah ini Makodim 0404 Muara Enim terus mengajak pemangku kepentingan untuk mempersiapkan diri didalam penanganan bencana ini sejak dini.

“Kita terus mengajak pemangku kepentingan yakni Pemerintah daerah dan Polri untuk terus berkoordinasi terkait dengan Karhutlah ini mengingat Lokasi yang sering terjadi kebakaran lahan dan hutan di wilayah Muara Enim, ada tiga kecamatan yaitu Gelumbang, Sungai Rotan, dan Muara Belida. Maka itu kita menyiapkan personil lebih kurang 100 anggota yang terbagi dari unsur Pemkab Muara Enim dalam Hal Ini BNPB, Damkar, Polres dan unsur dari TNI yakni Kodim 0404 Muara Enim sekitar 30 personil,”urainya.

Lebih lanjut Syaffarudin menerangkan bahwa di Muara Enim semuanya sudah lengkap tinggal simulasi saja, walaupun masih terdapat beberapa kendala.

“Kendala di lapangan seperti tahun 2019 lalu adalah alat yang digunakan kurang ideal dengan luas wilayah yang cukup luas. Namun di tahun ini sudah ada penambahan dan fokus di tahun ini adalah mobilisasi alat dan personil didalam penanganan bencana ini,” tegasnya.

Sementara itu Tim Pelatih dari Korem 044 Gapo yang dihadiri oleh Staff Perwirayuda Korem 044 Gapo Mayor Banu Tri Cahyono mengatakan bahwa latihan ini adakan latihan ancaman bencana yang akan terjadi sesuai dengan kondisi daerah tersebut

“Untuk Muara Enim fokus ke Karhutlah karena di masing-masing berbeda-beda dan kita hanya melatih personil di daerah tersebut supaya didalam menghadapi bencana agar semuanya bersama-sama dan cepat didalam pelaksanaannya,”pungkasnya.

@Ndank

Facebook Comments
Banner Catering



Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed