oleh

PTBA Berikan Pelatihan Manajemen Keuangan Untuk Pelaku UMKM

MUARA ENIM, MUARAENIMONLINE.COM – Rumah BUMN PT Bukit Asam mengadakan pelatihan manajemen keuangan dengan tema “Management Financial IQ” bagi para pelaku UMKM binaan SIBA yang berada di sekitar Muara Enim dan Tanjung Enim.

Pelatihan yng digelar selama dua hari ini diikuti oleh 40 pelaku UMK BLK binaan seperti SIBA Batik, SIBA Songket, SIBA Rajut dan SIBA Rosela. Kegiatan dilaksanakan dengan menaati protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Kepala Rumah BUMN Bukit Asam Muara Enim, Haris Santoso, Amd menerangkan, kegiatan pelatihan ini diberikan kepada SIBA selama 2 hari dengan diikuti 20 peserta perharinya.

Kegiatan dimaksudkan agar para UMK Binaan khusunya SIBA bisa secara profesional dalam mengelola keuangan bisnisnya.

“Karena keuangan adalah pondasi utama dalam membangun bisnis. Sebagaimana keprofesionalan Rasulullah yang juga dikenal sebagai pebisnis ekpor impor,” terangnya

Kegiatan ini dihadiri Arkoni selaku Asisten Manajer Bina Mitra, Abdullah Syarnubi Staf Keuangan CSR PTBA dan Mega Aryana, S.TP selaku Pengelola Rumah BUMN Bukit Asam Muara Eni serta Marutha Kristian SEI Selaku Narasumber.

BACA:  Kebakaran di RSUD Rabain Muara Enim Jadikan Pembelajaran

Arkoni dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian PTBA untuk mendorong usaha UMKM menjadi tangguh dan mandiri.

“Tangguh artinya bisa survive di tengah kondisi pandemi hari ini dan mandiri tentu saja secara profesional bisa mengembangkan usahanya. Makanya hari ini penting untuk kita belajar soal manajemen keuangan, karena kunci mencapai dua hal tersebut adalah manajemen keuangan,” imbuhnya.

Sementara itu sebagai narasumber Marutha Kristian, SEI mempresentasikan bahwa usaha yang ideal itu adalah usaha yang auto pilot dengan kata lain “usahanya jalan, yang punya usaha jalan-jalan”.

Hal tersebut menurutnya, hanya bisa dilakukan jika pelaku UNK menguasai skill manajemen keuangan.

“Hari ini kita akan belajar skill ini dengan dua tahap. Yang pertama kuasai dulu mindset keuangan, yang kedua, yaitu pengenalan secara praktik tentang laporan keuangan,” urai Marutha

BACA:  Jago Merah Mengamuk di Prabumulih

Marutha juga mengenalkan aplikasi keuangan untuk UMKM yang ia buat untuk para peserta.

“Dengan aplikasi keuangan ini, dengan sekali input kita langsung bisa mengetahui kondisi keuangan secara real-time dalam bentuk neraca maupun laporan laba rugi.
Dengan cara sederhana ini, diharapkan UMK kita bisa Scale up,” tukas Marutha.

Vivi, ketua Kelompok Usaha SIBA Rajut dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada PTBA dan Genz Preneurs atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Karena kami akhirnya paham pentingnya manajemen keuangan bagi usaha kami, apalagi pak marutha mau memberikan aplikasi keuangannya secara gratis kepada kami. Kami sangat berterima kasih karena hal tersebut sangat membantu usaha kami. Kami sangat mengharapkan kegiatan seperti ini untuk sering diadakan terutama dalam bidang pelatihan keahlian lainnya,” pungkas Vivi.(ril)

Facebook Comments
























Banner Catering





Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed