50 Siswa MIN 3 Muara Enim Ikuti Pelatihan Jurnalistik

MUARA ENIM, MUARAENIMONLINE.COM – Sebanyak 50 siswa MIN 3 Muara Enim mengikuti pelatihan jurnalistik. Sebagai narasumber langsung Kepala MIN 3 Muara Enim, Misliyani, S.Ag., M.Pd.I. Diikuti Waka Humas MIN 3 Muara Enim, Suknawati, S.Pd.I. Perwakilan guru, Isla Arsela., Ria Anggita, S.Pd., Sswa kelas 3 s.d kelas 6 yang sudah lulus seleksi. Kegiatan dilaksanakan di ruang guru. Jumat (11/2)

Materi yang disampaikan nara sumber. Tentang Tips menjadi seorang jurnalis yang handa dan Trik Pembuatan Berita media cetak dan online. Misliyani menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang wartawan atau jurnalis harus memiliki SDM kemampuan di bidang jurnalis. Memiliki mental yang berani, Percaya diri yang tinggi dan harus ada kesungguhan dalam bidang jurnalis, memiliki komitmen,pokus, harus rajin belajar dan tidak boleh malas untuk membuat berita. Bekali diri dengan SDM skill yang baik dibidang kejurnalistikan. Lengkapi dengan fasilitas kamera atau setidaknya HP android untuk mengambil foto dan menulis berita.

Misly mantan admin MTs Negeri I Muara Enim menuturkan Cara membuat berita di media cetak atau online itu sangat mudah. Silahkan gunakan Rumus 5W + 1H (What, Who, When, Where, Why, How). Dalam membuat judul berita harus menarik, tidak boleh lebih dari 8 kata, dan menggunakan huruf kapital dalam awal kata. Khusus berita Kemenag Sumsel. Namun kalau untuk berita media cetak atau dikoran biasanya penulisan judul menggunakan huruf balok semua. Berita bersifat piramidia terbalik dalam artian konsep terpenting dimulai dari atas kemudian baru mengerucut.
Selanjutnya di alinea berikutnya unsur tambahan pelengkap berita.

Perlu diingat. Setiap Alinea terdiri atas 4-5 baris, Minimal 5 paragraf. Berita harus berdasarkan fakta, aktual, tidak boleh mengarang atau bersifat fiktif, berita harus akurat, New/terbaru Update (terkini) bukan berita yang basi atau sudah lama. Isi berita online Praktis dan mudah dipahami oleh pembacanya tidak bertele tele, dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Untuk melengkapi berita harus di sertakan foto yang relevan dengan berita yang akan dibuat atau dipublikasikan

BACA:  Tingkatkan Kemampuan, Personel Polres Lhokseumawe Latihan SAR Laut

“Saya berharap dengan adanya pelatihan cara pembuatan berita ini. Siswa dapat mengembangkan minat dan bakat literasinya dibidang membaca dan menulis khususnya kejadian yang mereka lihat dan rasakan berdasarkan fakta untuk menjadi sebuah berita yang menarik dengan rumus yang sudah mereka pelajari. Semoga nantinya akan lahir jurnalistik handal dari MIN 3 Muara Enim ini. Saya ingin adanya kaderisasi bagi guru dan siswa dalam bidang jurnalis. Sehingga kita bisa mempertahankan prestasi MIN 3 Muara Enim juara terbaik I contributor penulisan berita website dibidang pengawasan dan terbaik kepatuhan tinggi dibidang PTSP Tahun 2022 dan akan terus mempertahankannya dimasa yang akan datang “, jelas Misly kepala MIN 3 Muara Enim

BACA:  Praktisi Hukum Dan Pemerhati Kebijakan Publik Eka Putra Zakran,S.H,M.H.Soroti Demo BEM Nusantara Dikantor Kemenkumham Sumut

Ditempat yang sama Saat ditemui, Waka Humas, Suknawati , S.Pd.I menjelaskan “Dengan adanya pelatihan jurnalis ini diharapkan siswa dapat mengembangkan bakatnya dalam bidang jurnalis dan menambah kemampuannya dalam pembuatan berita sehingga dapat mempublikasikan seluruh kegiatan dan prestasi guru dan siswa madrasah di MIN 3 Muara Enim”. Ujarnya.

Saat ditemui, salah satu peserta pelatihan, Abel kelas 5A mengaku “saya sangat senang mengikuti pelatihan jurnalis cilik ini, Meskipun mulanya terasa agak sulit namun setelah belajar dan terus belajar saya bisa dan mengerti. Harapan saya kedepannya saya bisa menjadi penulis berita,wartawan cilik yang handal dan eksis yang bisa diandalkan di MIN 3 ME sehingga bisa membantu publikasi bidang kehumasan ini ”. Harapnya.

Suasana pelatihan sangat komunikatif, hal ini terbukti dengan siswa menyimak materi dari awal sampai akhir. Suasana sangat komunikatif dan akrab. Siswa dan guru setelah mendapat teori langsung mempraktekkan cara pembuatan berita. Kegiatan jurnalis ini menjadi kegiatan ekskul di MIN 3 ME. Menjadi salah satu program unggulan setelah program Tahfidz Qur’an dan pencak Silat Tapak Suci. (ril)

Facebook Comments














Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *