oleh

Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Karno Jakarta Gelar Program Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Cinangka, Serang – Banten

SERANG,MUARAENIMONLINE.COM-Universitas Bung Karno Jakarta melalui lembaga penelitian pengabdian masyarakat (LPPM) adakan studi kelayakan dan identifikasi kebutuhan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berlokasi di Desa Sindanglaya, Desa Mekarsari Kecamatan Cinangka – Serang Banten.

Dengan adanya program tersebut diharapkan dapat membantu meningkat perekonomian masyarakat.

Pada lawatan pertama tepatnya tanggal 26-27 Maret 2021 ialah sebagai tindak lanjut dari surat Kecamatan Cinangka kepada Pihak Universitas Bung Karno yang meminta agar Desa di wilayah Kecamatan Cinangka menjadi salah satu wilayah Binaan Universitas Bung Karno Jakarta.

Dengan dilanjutkan serah terima MOU (Perjanjian Kerja Sama) antara UBK diwakili Rektor Dr.Didik suhariyanto S.H,M.H turut dihadiri pula oleh pihak kecamatan Cinangka dan tokoh masyarakat.diantaranya Eben tokoh pemuda yang ingin desa nya ada perubahan untuk lebih maju lagi,didukung oleh para tokoh FKMC(Forum komunikasi masyarakat cinangka)antara lain pak sukma selaku ketua,pak samsuri S.Pd.,m.pd,pak agus,lia dan lain lain.

Pada kunjungan kedua 18-19 Juni 2021 sebagai mana tertuang dalam surat tugas resmi Universitas Bung Karno Nomor 024/Rek-UBK/ST/VI/2021 yang turut dalam agenda tersebut diantaranya :

-Dr.Ir. Sri Mumpuni Ngesti Rahayu, M.si (Ka. LPPM)
-Dr Ismail S.H.,MH (Direktur Pascasarjana)
-Dr Puguh Aji Hari Setiawan S.H.,M.H (Dekan Fakultas Hukum)
-Yusnina, S.P., M.Stat. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis)
-B. Gunawan Sudarsono, S.T.,M.Kom (Dekan Fakultas Ilmu Komputer)
-Franky P Roring, SIP Msi. (Dekan FISIP)
-Suyatno, S.H., M.Hum (Ka. Prodi Ilmu Hukum)
-Handi, S.T.,M.T (Ka. Prodi Teknik Mesin)
-Iswidodo, S.T., M.T (Ka. Prodi Teknik Elektro)
-Ir. Nina Restina, M.Si. (Ka.Teknik Sipil)
-Susanto Yogo Purnomo, S.E., M.Pd (Ka. Prodi Manajemen)
-Melinda, S.E., M.Si (Ka. Prodi Akuntansi)
-Alexius Ulan Bani, S.T., M.Kom (Ka. Prodi Sistem Komputer)
-Fauziyah, S.Kom., M.M.S.I (Ka. Prodi Sistem Informasi)
-Nur Azizah, LC., M.Si (Ka. Prodi Ilmu Politik)
-Ahmad Rizki Edinbur, S.Sos.,M.Si. (Ka. Prodi Ilmu Komunikasi)
– salomon A.M Babys, S.IP., M.Si (Kabag. Kemahasiswaan)
-syamsu Marlin, S.T., M.T (Kabag. Pengabdian LPPM)
-utami yustihasana untoro, S.H., M.H (Dosen Fakultas Hukum).

BACA:  HUT Ke-5 DPD Partai Berkarya Gelar Acara Doa Bersama Dan Berbagi

Kepala LPPM Universitas Bung Karno, Dr.Ir. Sri Mumpuni Ngesti Rahayu, M.si

Kepada awak media3.id mengungkapkan bahwa tujuan kedatangan pertama dan kedua tim LPPM UBK adalah menindak lanjuti surat dari kecamatan Cinangaka, desa Mekarsari dan Desa Sindanglaya yang ingin menjadi Desa binaan UBK

“Tentu Kami sangat menyambut baik dan itu tidak terpaku pada bantuan alat saja, ada pula diantaranya sektor pendidikan berupa program beasiswa sampai tuntas (sampai penerima beasiswa tersebut lulus kuliah) bahkan saat ini kami memberikan Beasiswa kepada 11 orang dari Desa Mekarsari dan Desa Sindanglaya. kemudian program kesehatan sosialisasi prokes covid 19, serta kedepan akan mendirikan taman baca” Ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Rektor Universitas Bung Karno, Dr. Didik Suhariyanto, S.H., M.H menjelaskan bahwa program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Bung Karno sebagai wujud pemberdayaan masyarakat.

BACA:  Hari Paskah Gereja Wilkum Lawang Kidul Aman & Lancar.

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan pendampingan Desa untuk turut pengembangan potensi desa, baik dengan pembentukan perdes maupun pemberdayaan pengembangan potensi ekonomi desa. Dan pengembangan sumberdaya masyarakat desa dan potensi sumber daya alam desa, sehingga Desa dapat berkembang sesuai dengan potensi dan kultur desa. Pungkasnya
Untuk di ketahui masing masing Dekan dan kaprodi dalam kesempatan itu pula turut menjelaskan kepada masyarakat kecamatan cinangka sesuai dengan bidang masing masing,agar nantinya dapat sesuaikan oleh kebutuhan masyarakat.
Untuk diketahui masing masing dekan dan kaprodi dalam kesempatan itu pula turut menjelaskan kepada masyarakat kecamatan cinangka sesuai dengan bidang masing masing,agar nantinya dapat disesuaikan oleh kebutuhan masyarakat.

Meski ditengah guyuran hujan, hal tersebut tak mengendurkan semangat Universitas dalam upaya membantu masyarakat, bahkan untuk sampai di lokasi gunung malang, desa mekarsari Kepala LPPM, para dekan dan para Kaprodi menaiki Mobil pick Up dengan beratapkan terpal.(Sabtu 19/06/21).bahkan harus melewati kondisi jalan yang rusak parah di beberapa titik,berbatu dan berlumpur sehingga di saat musim penghujan jalanan licin.

Akibatnya sejumlah pengendara sepedah motor sering terjatuh akibat roda terpeleset menginjak batu berukuran besar nan licin atau lumpur yang cukup tinggi dan menyulitkan mengendalikan laju kendaraan.(Anan)

Facebook Comments






Banner Catering





Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed