Polres Muara Enim Giat Sosialisasi Nilai Nilai Kepahlawanan Komjen (Purn) Dr H.M Jasin

MUARAENIM, MUARAENIMONLINE.COM – Polres Muara Enim Polda Sumsel melalui Bag SDM Polres Muara Enim menggelar kegiatan sosialisasi dalam mengingatkan Nilai-nilai Kepahlawanan Komjen Pol (Purn) Dr .H.M Jasin.

Kegiatan sosialisasi tersebut, dipimpin langsung oleh Kabag SDM Polres Muara Enim Kompol Apriansyah,SH, MSi, didampingi Wakapolres Muara Enim Kompol Roy Aprian Tambunan ,S.P, S.I.K, Kabagren Polres Muara Enim Kompol Arifin ,SH, MSi, serta dihadiri para personil Polres Muara Enim dan ASN Polres Muara Enim yang berlangsung di Aula Rupatama Polres Muara Enim pada Senin (10/06/2024) dengan dasar Program Beyond Trust Presisi Tahun 2024.

Kabag SDM Polres Muara Enim Kompol Apriansyah, SH, MSi, mengungkapkan, bahwa kegiatan sosialisasi Nilai -nilai kepahlawanan dari sosok Komjen Pol (Purn) Dr H M Jasin, selain dengan tujuan guna mengembangkan SDM unggul pada Polri serta suksesnya Program Beyond Trust Presisi Tahun 2024, Bag SDM Polres Muara Enim juga mengembangkan kepada Personil Polres Muara Enim untuk meneladani nilai-nilai kepahlawanan Polri, sebagaimana yang telah diabdikan oleh Komjen Pol (Purn) Dr.M.H. Jasin, “tutur Kompol Apriansyah, SH, MSi, (10/06/2024).

Ditambahkan Kompol Apriansyah, bahwa kegiatan sosialisasi ini disampaikan dari tingkat Polda,Polres, dan Polsek, bahwa terdapat Polisi yang pertama sebagai Pahlawan Nasional, dan Polres Muara Enim dalam hal melaksanakan sosialisasi tersebut,sesuai perintah Polda untuk melaksanakan ditingkat Polres sampai Polsek,”tambah Kompol Apriansyah, SH,MSi.

BACA:  Numpang Istirahat, Pemudik Tujuan Banten Singgahi Pos Ops Ketupat Musi Gelumbang

Sementara diketahui, bahwa sosok Komjen Dr.H.M Jasin, merupakan Polisi pertama sebagai Pahlawan Nasional, yang mana Jasin dalam riwayat singkatnya pernah memimpin pasukan dalam pertempuran dibeberapa tempat dengan melawan penjajah, dan jelang akhir November 1945, Jasin meniggalkan Surabaya dan memindahkan markasnya ke Sidoarjo.

Selain terlibat langsung dalam pertempuran di Surabaya saat itu, pernah Jasin juga tidak terlepas dari keterkaitan dengan Mobile Brigade (Mobbrig) atau sekarang disebut Brigade Mobil (Brimob). Moehammad Jasin diangkat menjadi Koordinator Mobrig disemua Keresidenan di Jawa Timur . Selain berkiprah di bidang Kepolisian, Jasin juga pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung (DPA) Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS), dan karier Politiknya akhir hidupnya Komjen Pol (Purn) Dr H.M Jasin, wafat pada Kamis Mei 2012 .

BACA:  Jalan Gampong Seuneubok Teupin Kecamatan Peureulak Timur Rusak

Beliau wafat di RS Polri Kramat Jati, yang kemudian jasadnya dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Guna untuk mengenang jasa-jasanya kemudian berdasarkan Keputusan Presiden Nomor :116 /TK/Tahun 2015, 5 November 2015, Beliau (M.Jasin.Red) dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional. (Jj)

Facebook Comments














Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *